JENANG KUDUS Dibuat dari bahan campuran gula pasir, gula tebu, dan gula kelapa, ditambah tepung ketan, santan kelapa, mentega, serta aroma rasa buah diolah dengan komposisi yang tepat. Pembuatan jenang dilakukan secara tradisional di atas tungku dengan pengapian kayu bakar. Jenang ini biasanya dijual dalam potongan-potongan kecil, dibungkus aluminium foil, dan dimasukkan ke dalam kemasan dus.Di Kudus, ada ratusan industri rumahan pembuat Jenang Kudus
SOTO KUDUS Soto yang berasal dari Kudus. Suwiran ayam goreng, tauge, bawang merah goreng, seledri, dan bawang putih goreng. Soto Kudus dalam penyajiannya memiliki tradisi dihidangkan dalam mangkuk kecil untuk satu porsi soto. Hidangan soto Kudus tidak hanya dapat ditemukan di Kudus, saat ini juga dapat ditemui di berbagai kota di Indonesia. Rasanya tiada duane dah..
LENTOG TANJUNG Yaitu Lontong (terbuat dari beras dibungkus dalam daun pisang dan direbus dalam air) yg dicampur berbagai macam sayur, yaitu sayur kotho'an (terbuat dari tahu,tempe dan santan ), sayur gori (nangka muda yang dicacah lembut dan santan), kani (santal kental gurih) dan sambal cair. sayuran pada lentog ini semua menggunakan santan yang menjadikan makanan lentog ini gurih. Ingat!! Lontong Kudus sangat khas bentuknya gede banget..
NASI TAHU Nasi tahu paling enak di Kudus. Isinya nasi atau lontong + tahu + gimbal udang. Makanan yang bahan utamanya yaitu tahu goreng dengan bumbu kacang dan diberi kecap. Bisa tambah telor, krupuk, dll. Enak banget..
SOTO KERBAU Soto kerbau adalah makanan khas Kota Kudus. Semangkuk nasi soto, yang berisi irisan daging kerbau, mie putih, tauge, kol, butiran kacang kedelai, yang ditaburi daun seledri dan bawang goreng, disiram kuah dari kaldu kerbau yang hangat, dengan bumbu dan aroma rempah-rempah yang khas,dijamin sajian ini menggoyang lidah. Bila ingin menikmati secara total cita rasa daging kerbau, kita bisa juga menaruh lauk daging kerbau sebagai tambahan, yang diolah menjadi daging lapis dengan tambahan taburan bawang goreng. Mak nyuss..
PINDANG KUDUS Mirip rawon, Bedanya Rawon dan Pindang Kudus, sama – sama menggunakan daging irisan tetapi bedanya, kuah nasi Pindang memakai santan sedangkan Rawon tidak. Pada Nasi Pindang Kudus kita akan mendapati aroma daun mlinjo sedangkan pada Rawon kita akan mendapati taoge. Pingin tahu gimana rasanya .. nikmati dulu gambarnya ya …

 
Design by Mas Nugie Theme | Bloggerized by Kudus Semarak | Kudus Kota Kretek